Home » » Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kehamilan Perlu Diperhatikan

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kehamilan Perlu Diperhatikan

Advertisements
Advertisements
Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kehamilan - Ketika masa usia hamil yang beranjak 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu, umumnya ibu hamil mulai merasakan gerakan bayi mereka. Bentuk wajah sang bayi pun terlihat pula semakin jelas ketika dilakukan USG. Jika pada masa kehamilan bulan ke-3 beberapa pakaian masih cukup untuk dikenakan oleh ibu hamil, maka ketika memasuki bulan ke-4 kehamilan, Anda mungkin perlu menggunakan baju khusus untuk ibu hamil.

Pada artikel kali ini kami ingin memberikan ulasan tentang pergerakan bayi saat masuk usia 4 bulan kehamilan, simak selengkapnya di bawah ini.

Perkembangan Bayi Saat Usia 4 Bulan Kehamilan

Pertumbuhan Janin
Ketika memasuki usia 4 bulanan kehamilan, bayi dalam kandungan akan berukuran kurang lebih 13 cm dengan berat badan kurang lebih 140 gram. Tempurung kepala yang terdiri dari tulang rawan mulai mengeras. Saraf tulang belakangnya juga mulai terselubungi pada lapisan pelindung mielin. Selain itu, kelenjar keringat mulai berkembang pada seluruh tubuhnya. Tali pusatnya yang menjadi saluran sumber makanannya pun akan makin mengembang dan menguat pula pada masa ini.
Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kehamilan Perlu Diperhatikan
Usia 17 minggu

  • Badan janin bayi semakin membesar mengikuti kepala hingga wujudnya lebih proporsional
  • Wajahnya juga mulai semakin tampak dengan pertumbuhan bulu mata dan alis yang halus
  • Walau kelopak matanya masih tertutup, tatpi bola matanya mulai dapat bergerak. Mulutnya juga mulai bisa terbuka dan tertutup
  • Jari-jari juga mulai terbentuk serta sidik jari sudah tercipta. Tangannya mulai mampu mengepal
  • Bayi sudah bisa merespons bunyi dari luar, seperti suara musik
  • Tubuhnya juga belum banyak menyimpan lemak sehingga terlihat keriput

Usia 18 minggu

  • Pembuluh darah sudah tampak di permukaan kulit
  • Telinga mulai muncul, walaupun belum sempurna
  • Di usia 18 minggu ini, jenis kelamin bayi telah dapat dikenali
  • Mulai minggu ke 18 ini sampai minggu ke 20, ibu juga mulai merasakan gerakan-gerakan bayi yang cukup agresif
Usia 19 minggu
  • Janin bayi dapat menelan cairan ketuban dan ginjal sudah berfungsi dengan baik
  • Rambut di kepala mulai tumbuh pada usia ini.

Pada Usia 20 minggu

  • Pada usia 20 minggu tubuh bayi mulai terlindung oleh lapisan lemak bernama vernix caseosa. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi kulit bayi yang lama berada dalam cairan ketuban.
  • Bayi Anda lebih banyak untuk menelan. Tubuhnya juga banyak menyerap air dalam cairan ketuban dan memasukkannya ke dalam usus besar.
  • Pada minggu yang ke 20 ini, biasanya bayi memiliki ukuran kurang lebih 26 cm dan berat berkisar 300 gram.

Hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Ibu Hamil
Pada masa perkembangan bayi usia 4 bulan kehamilan, keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah susah tidur. Jadi pada masa ini, usahakan Anda memakai bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Anjuran dari medis untuk posisi terbaik tidur ibu hamil yaitu tidur menyamping, hal demikian itu dimaksudkan supaya pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Pasalnya berbaring secara telentang bisa membuat Anda pusing dikarenakan terbatasnya aliran darah ke jantung.

Setelah Anda merasakan pergerakan bayi usia kehamilan 4 bulan ini, bisanya bulan kelima gerakan bayi hanya sebatas tendangan halus  dan akan menjadi dorongan yang terasa lebih kuat ketika bertambah usia kehamilan Anda. Teruslah perhatikan perkembangan bayi Anda untuk mencapai keberhasilan ketika proses persalinan nanti.

Demikianlah artikel tentang Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Kehamilan yang dapat kami bagikan kepada Bunda sekalian. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah semangat Anda guna menjalani masa kelahiran.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!