Home » » Cara Menurunkan Berat Janin Kandungan dengan Aman dan Mudah

Cara Menurunkan Berat Janin Kandungan dengan Aman dan Mudah

Advertisements
Advertisements
Cara Menurunkan Berat Janin Kandungan - Memiliki janin dalam kandungan dengan bobot berlebih tentunya akan memiliki banyak sekali resiko. Bayi ukuran besar ataupun jumbo tentunya akan memerlukan tenaga ekstra saat proses kelahirannya. Oleh karena inilah banyak dokter kandungan menyarankan untuk tidak boleh mengosumsi beberapa makanan yang bisa menyebabkan janin memiliki bobot berlebih.

Tidak hanya saat proses kelahirannya saja yang akan sulit, janin yang memiliki bobot banyak pastinya juga berat ya dan akan membuat si ibu jadi gampang kelelahan. Lalu bagaimana ya cara menurunkan berat janin kandungan yang aman dan tidak mempengaruhi kehamilan? Yuk intip beberapa caranya seperti berikut ini.
Cara Menurunkan Berat Janin Kandungan dengan Aman dan Mudah

1. Lakukan Olahraga Ringan namun Rutin
Olahraga memang bermanfaat sekali untuk semua orang, baik itu wanita, pria, anak-anak hingga dewasa. Tak terkecuali juga dengan ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk mengontrol kesehatan dan berat badan janin di dalam kandungan, Anda perlu untuk melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Contohnya saja jalan-jalan di sekitaran lingkungan rumah setiap hari. Atau melakukan sedikit pekerjaan rumah namun dalam tenggang yang rutin.

Tidak hanya bisa mengontrol kondisi janin saja, olahraga ringan ini juga akan memperlancar proses persalinan. Namun terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter Anda apakah olahraga diperbolehkan. Karena ada beberapa kasus janin yang sangat lemah, jadi si ibu diharapkan banyak beristirahat dibandingkan dengan aktivitas.

2. Kurangi Karbohidrat
Memang benar saat hamil Anda disarankan untuk banyak mengosumsi makanan, namun jika jumlahnya sudah berlebih tentu saja akan mempengaruhi kandungan ya. Oleh sebab itu makanlah dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan dan kurangi mengosumsi makanan yang mengandung kalori yang sangat banyak. Contohnya saja nasi, tepung-tepungan, gula, minyak, santan kental, roti, dan juga mie. Boleh untuk mengosumsi berbagai sumber karbohidrat, namun dalam jumlah yang sewajarnya saja ya.


3. Perbanyak Sayuran dan Buah-buahan
Siapa bilang mengosumsi buah ataupun sayuran malah menambah berat badan janin dalam kandungan? Ternyata hal tersebut merupakan mitos semata lho. Malahan, saat sedang mengandung Anda disarankan untuk banyak mengosumsi buah dan juga sayuran. Berbagai kandungan baik yang terdapat di dalamnya sangat bagus untuk membantu pembentukan organ-organ janin yang belum sempurna.

Serat yang terdapat di dalam buah-buahan ataupun juga sayuran akan membantu masalah pencernaan pada ibu yang sedang hamil. Pasalnya, tidak sedikit ibu yang sedang hamil mengalami masalah pada bagian pencernaanya. Baik itu sembelit ataupun buang air tidak lancar.

Itulah cara menurunkan berat janin kandungan dengan mudah. Selain itu semua jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan pola hidup sehat. Tidur 6-8 jam setiap hari, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk rutin melakuan pengecekan kepada doker kandungan. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menjaga kesehatan ibu dan Janin dan memperlancar proses persalinan.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!