Home » » Cara Melancarkan ASI Secara Alami dan Cepat

Cara Melancarkan ASI Secara Alami dan Cepat

Advertisements
Advertisements
Cara Melancarkan Asi - Banyak ibu baru melahirkan memiliki masalah dikarenakan produski ASI atau Air Susu Ibu kurang lancar. Banyak yang berpendapat jika ukuran payudara juga turut mempengaruhi hal tersebut. Kenyataanya, ukuran payudara tidak mempengaruhi kemampuan untuk memproduksi ASI. Payudara hanya digunakan untuk jalan pendistribusian ASI dari ibu kepada para buah hatinya saja.

Penyebab terbesar masalah produksi ASI sangat sedikit biasanya memang terdapat pada jadwal menyusui yang tidak teratur dan jarang. Untuk itu akan kami berikan beberapa cara melancarkan ASI agar persediaanya untuk para buah hati senantiasa terpenuhi.

Inilah Cara Melancarkan ASI Secara Alami dan Cepat

1. Tingkatkan Frekuensi Menyusi
Untuk memperlancar produksi ASI Anda harus tahu kira-kira kapan buah hati sedang lapar ataupun juga haus. Dibandingakn dengan kekurangan, lebih baik untuk memberikan ASI dalam jumlah berlebih. Selain menghindarkan bayi nangis histeris karena kelaparan, produksi ASI akan meningkat setiap waktunya.

Menawarkan ASI kepada bayi meskipun si buah hati sedang tidak lapar tidak akan membahayakannya. Jadi, ingat satu hal semakin banyak Anda menyusui semakin banyak pula persediaan ASI. Anda bisa menyusui, memompa, ataupun juga memeras ASI dalam frekuensi yang sering.

2, Minum Air Saat sedang Haus
Ada yang berpendapat jika ibu menyusui sering mengosumsi air putih akan memperlancar produksi ASI. Namun kenyataanya tidak demikian. Menurut Irene Zoppi yang merupakan seorang lactation consultant yang telah bersirtifikat dan juga clinical education specialist menyebutkan jika mengosumsi minuman berlebih tidak akan berdampak apa-apa pada produksi ASI.

Dibandingakan dengan mengosumsi air dalam jumlah yang banyak lebih baik untuk menambah beberapa makanan yang memperbanyak produksi ASI. Sebut saja sayuran seperti daun katuk, kubis segar dan beberapa sayuran hijau lainnya akan sangat membantu dalam produksi ASI. Jangan lupa imbangi dengan protein baik. Cara melancarkan ASI yang cukup simple ya.

3. Minimalisir Stress
Ibu yang baru saja melahirkan sangat rentan sekali dengan berbagai stress. Ketakutan-ketakutan yang berlebihan kadang muncul akibat dari melahirkan. Banyak juga pikiran-pikiran lainnya yang sangat bisa sekali memicu munculnya stress dan ketegangan di dalam tubuh. Dan untuk ibu yang sedang menyusi, stress sangat bisa menganggu produksi ASI. Oleh sebab itu minimalisirlah hal-hal yang bisa memicu stress.

Selain menghindari pemicu stress Anda juga bisa meminimalisirnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Seperti halnya tidur yang cukup, dapat hiburan yang memadai, dan tidak lupa untuk berolahraga. Dengan begitu, produksi ASI Anda jadi tidak akan terganggu.

Itulah beberapa cara melancarkan ASI dengan jalan yang cukup mudah. Selain menerapkan cara di atas jangan lupa juga untuk senantiasa merawat kebersihan payudara agar buah hati bisa mendapatkan yang terbaik dari ibunya. Lakukan pemijatan ringan pada payudara, cuci dengan air hangat, dan tidak lupa untuk memberikannya pelembab agar tidak rusak kulit di sekitaran payudara.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!