Home » » Cara Diet Setelah Melahirkan Secara Instan dan Sehat

Cara Diet Setelah Melahirkan Secara Instan dan Sehat

Advertisements
Advertisements
Cara Diet Setelah Melahirkan - Salah satu masalah yang banyak diderita ibu-ibu setelah melahirkan adalah bobot berlebih. Hal ini sangat wajar terjadi karena sebelumnya Anda makan dengan porsi dua orang, untuk diri sendiri dan juga buah hati. Banyak ibu dilema memutuskan untuk diet ataupun tiddak setelah melahirkan.

Pasalnya, nanti Anda tidak hanya memenuhi kebutuhan diri sendiri saja melainkan juga harus menyusui. Nah, untuk itu bagaimana ya cara diet setelah melahirkan dengan aman dan kebutuhan ASI masih terkontrol? Yuk intip beberapa cara mudahnya seperti berikut ini.
Cara Diet Setelah Melahirkan Secara Instan dan Sehat

Tips Diet Setelah Melahirkan Secara Instan dan Sehat

1. Jangan Diet
Mungkin terdengar aneh, namun inilah yang perlu untuk Anda lakukan agar gizi bagi tubuh dan buah hati yang masih dalam bayi terkontrol dengan baik. Meskipun disarankan untuk tidak diet bukan berarti Anda makan dalam jumlah yang semau-maunya, tetap kontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Saat seseorang menyusui, Anda bisa membakar lemak di dalam tubuh sebanyak 600-800 kalori setiap harinya. Meskipun Anda duduk santai atau dengan tiduran, kalori akan terbakar. Dan kabar baiknya tanpa berolahraga ataupun obat-obatan Anda akan bisa menurunkan berat badan secara mudah dengan menyusui.

2. Perbanyak Super Foods
Cara diet setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengosumsi banyak makanan mengandung nutrisi dan kandungan baik. Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan, tubuh sangat membutuhkan suplai vitamin dan gizi baik yang sangat banyak. Pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi, kaya serat namun tidak terlalu banyak lemak jahat dan juga kalori. Sebut saja makanan seperti ikan, kacang-kacangan akan bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi baik. Contoh ikan yang bisa dikonsumsi antara lain tuna, salmon, ataupun juga sarden.

3. Gunakan untuk Beraktivitas
Untuk Anda yang sekiranya sudah pulih setelah persalinan ada baiknya untuk melakukan olahraga ringan. Seperti halnya berjalan kaki di dalam rumah. Berjalan kaki ini sangat baik untuk mengurangi pembengkakan di kaki pasca melahirkan. Tidak hanya itu saja, dengan begini tubuh jadi tidak kaku lagi, otot-otot jadi lemas dan siap digunakan untuk banyak aktivitas nantinya. Namun sebelum melakukan ini pastikan tidak menimbulkan pendarahan.

4. Perbanyak IstirahatBerdasarkan pada Sheah Rarback, M.S., R.D., yang merupakan seorang pakar nutrisi dari Mailman Center for Childhood di Universitas Kesehatan di Miami, memenuhi kebutuhan tidur cukup terbukti bisa menurunkan berat badan. Karena tidak bisa dipungkiri juga, saat tidur Anda akan terhindar dari berbagai  macam makanan dengan kalori tinggi. Selain itu dengan tidur cukup Anda tidak akan merasakan kelaparan yang sangat dan tubuh bisa digunakan untuk olahraga atupun beraktivitas.

Semoga cara diet setelah melahirkan di atas bisa membantu Anda yang saat ini sedang berjuang menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!