Home » » 10 Tips Aman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

10 Tips Aman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

Advertisements
Advertisements
Tips Naik Pesawat untuk Ibu Hamil - Kehamilan merupakan masa yang cukup beresiko untuk bepergian ketika usia kandungan telah menginjak 32-36 minggu. Namun, bagi yang sedang pada masa awal ataupun menengah kehamilan, sesekali jalan-jalan menggunakan pesawat terbang tidak ada salahnya. Namun, sangat perlu untuk melakukan tips naik pesawat untuk ibu hamil agar masa mengandung tetap nyaman meski saat penerbangan. Berikut ini tips naik pesawat untuk ibu hamil yang perlu untuk diterapkan.
10 Tips Aman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

Tips aman naik pesawat pada masa kehamilan

1. Konsultasi kepada dokter
10 Tips Aman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil
Langkah utama dalam tips naik pesawat untuk ibu hamil yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Apakah dengan kondisi kehamilan Anda ini bisa untuk melakukan penerbangan. Ingat ya, kondisi setiap ibu hamil berbeda ada yang kuat namun ada juga yang lemah. Maka dari itu, melakukan konsultasi dan pemeriksaan merupakan hal yang paling utama.  Jika sudah diizinkan melakukan penerbangan, lakukan tips naik pesawat untuk ibu hamil selanjutnya.

2. Bawa medical record
Medical record atau riwayat surat pemeriksaan merupakan tips aman naik pesawat bumil yng yang wajib bunda bawa ketika melakukan penerbangan. Jika nanti ada masalah dengan kehamilan Anda, dari medical record yang dibawa akan sangat mudah diputuskan langkah yang akan diambil untuk menanganinya.

3. Pelan-pelan saja
Pastikan ada waktu beristirahat yang cukup setelah melakuakn penerbangan. Jangan langsung melakukan jalan-jalan atau touring ke berbagai tempat. Tubuh yang sedang mengandung akan mudah capek daripada kondisi biasanya maka dari itu pastikan untuk memiliki waktu liburan yang cukup panjang supaya tidak terburu-buru.

4. Bawa makanan sendiri
Tips Naik Pesawat Ibu Hamil
Untuk mengantisipasi tidak selera dengan makana yang ada di pesawat, Anda bisa membawa makanan sendiri. Membawa makanan sendiri juga merupakan langkah yang sangat tepat jika Anda merasakan lapar sewaktu-waktu. Ditambah lagi, Anda juga bisa memastikan buah hati yang masih berada d dalam kandungan tidak kekurangan nutrisi apapun meskipun sedang melakukan perjalanan.

5. Selalu bawa air minum
Tips naik pesawat untuk ibu hamil lainnya yang perlu untuk diterapkan adalah selalu membawa air minum. Mereka yang sedang hamil merasa haus lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh sebab itu selalu membawa air minum merupakan tips yang sangat tepat. Namun, pastikan juga Anda mengetahui dimana letak kamar kecil supaya jika ingin buah air kecil tidak kesusahan.
Baca juga:
6. Sebelum berangkat pastikan tubuh sehat
Tips Naik Pesawat Ibu Hamil Yang Aman
Selanjutnya jangan lupakan tips naik pesawat yang satu ini yaitu mengenai kondisi kesehatan bunda yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi janin dalam kandungan. Oleh sebab itu pastikanlah terlebih dahulu kondisi bunda benar-benar sehat ketika hendak naik pesawat.

7. Jangan lupa membawa vitamin
Tumbuh kembang bayi tentu sangat bergantung dengan asupan nutrisi dari bundanya. Jadi bunda jangan pernah lupa ya untuk membawa vitamin, supaya bisa meminumnya ketika ada pesawat terbang. Sehingga nantinya aktivitas bunda tetap menyenangkan dan kebutuhan janin tidak terabaikan selama penerbangan.

8. Menggunakan pakaian yang nyaman
Tips Naik Pesawat Ibu Hamil Yang Aman
Ketika sedang hamil penggunaan pakaian bisa menyebabkan ibu hamil dan bayi merasa tidak nyaman. Nah supaya perjalanan tetap nyaman dan asyik, tentu ibu hamil sebaiknya selalu mengenakan pakaian yang tidak ketat ataupun pakaian yang longgar. Sehingga nantinya bunda tidak merasa mendesak perut yang bisa membuat buah hati merasa tidak nyaman dalam kandungn.

9. Mengetahui usia kandungan yang aman
Wanita yang sedang hamil tentu masih bisa naik pesawat terbang meski kandungannya sudah berusia 32 sampai dengan 34 minggu. Pasalany setelah usia tersebut ibu hamil cenderung beresiko ketika harus naik pesawat dalam kondisi kandungan yang telah besar.

Pihak maskapai penerbangan biasanya akan menolak penumpang dalam kondisi hamil tua. Mungkin masih bisa saja bunda bisa ikut penerbangan, dengan syarat bunda untuk membuat surat persetujuan berkenaan resiko terbang ketika hamil tua. Selain itu bunda harus melampirkan surat izin dari dokter bersangkutan lho.

10. Meminta surat keterangan dari dokter
Tips Naik Pesawat Bumil
Tips naik pesawat ibu hamil terakhir adalah dengan meminta surat keterangan dari dokter. Biasanya pihak maskapai bakal mewajibkan ibu hamil untuk memberikan surat keterangan dokter tentang kondisi kehamilan yang bersangkutan. Hal ini bertujuan tak lain agar terjadi sesuatu yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

Bila bunda dalam kondisi yang fit untuk perjalanan via pesawat terbang, maka dokter pasti akan memberikan surat keterangan ataupun surat izin yang nantinya dapat dilampirkan kepada pihak maskapai penerbangan.

Lakukan tips naik pesawat untuk ibu hamil di atas agar penerbangan Anda jadi menyenangkan meskipun sedang masa mengandung.

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!