Home » » Kopi untuk Ibu Hamil Boleh, Asal…

Kopi untuk Ibu Hamil Boleh, Asal…

Advertisements
Advertisements
Kopi untuk ibu hamil - Sebagian orang beranggapan bahwa kopi untuk ibu hamil merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Pasalnya, kopi bisa menyebabkan keguguran ataupun masalah pada janin yang dikandung. Sebanarnya, apakah asumsi ini benar ataukah tidak? Banyak orang yang mempertanyakan kebenaran dari bahaya kopi untuk ibu hamil ini. Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan selanjutnya.
Kopi untuk Ibu Hamil Boleh, Asal…

Fakta mengosumsi kopi bagi ibu hamil

1. Aturan minum kopi untuk ibu hamil
Asumsi yang menyatakan bahwa minum kopi akan menyebabkan wanita hamil yang mengosumsinya mengalami keguguran tidak sepenuhnya benar. Berdasarkan pada Sarah Schenker, seorang dietitian dan public health nutrition, Anda dapat mengosumsi kopi saat ini ataupun juga pada masa kehamilan. Tetapi, pastikan terlebih dahulu jumlah takaran kopi yang Anda asup tidak berlebihan.

Jumlah kopi yang dianjurkan adalah sekitar 200 mg kafein setiap harinya. Atau jika dihitung dalam jumlah gelas, Anda diperbolehkan mengosumsi kopi sekitar 2 cangkir untuk yang instan dan 1 cangkir untuk yang diseduh biasa. Oleh sebab itu daripada Anda berlebihan dalam meminum kopi lebih baik untuk cari alternatif lainnya seperti halnya jus buah. Ketahui dengan pasti bahwa kopi untuk ibu hamil yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk untuk kandungan.

2. Bahaya terlalu banyak minum kopi

Ketika kopi untuk ibu hamil dikonsumsi dalam batas yang belebihan, hati-hati akan banyak bahaya yang mengancam pada janin. Beberapa bahaya yang akan Anda dan janin dapatkan ketika mengosumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan antara lain sebagaimana berikut ini,
  • Terjadi keguguran
  • Bayi lahir dengan memiliki bobot yang kurang
  • Ketika beranjak dewasa, buah hati Anda akan banyak terserang penyakit
  • Bisa beresiko anemia
  • Dan juga ibu yang sedang hamil mengalami nyeri uluh hati dan juga refluks asam lambung
3. Hal yang perlu untuk diperhatikan
Dengan jumlah tolerir pengonsumsian kafein sebesar 200 mg setiap harinya, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan saat masa kehamilan. Perhatikan juga makanan atau minuman yang memiliki jumlah kafein yang tinggi di dalamnya. Beberapa jenis makanan ataupun minuman yang memiliki kafein dengan jumlah yang perlu untuk diperhatikan antara lain terdapat pada cokelat, teh, dan juga soda. 

Memang benar kopi untuk ibu hamil diperbolehkan, asal Anda dapat mengontrol jumlah yang masuk ke dalam tubuh ya.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!