Home » » Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Bagus atau Tidak?

Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Bagus atau Tidak?

Advertisements
Advertisements
Buah Nanas Untuk Ibu Hamil - Untuk memastikan bayi mengalami perkembangan yang sehat dan normal, sebagai ibu sangat penting untuk mengosumsi makanan yang tepat selama masa kehamilan. Tetapi, apakah buah nanas untuk ibu hamil itu berdampak baik atau buruk untuk kandungan? Yup, jika Anda sangat penasaran dengan bagaimana dampak buah nanas untuk ibu hamil simak ulasan menariknya berikut ini.
Buah Nanas untuk Ibu Hamil, Bagus atau Tidak?

Memenuhi nutrisi dan fakta mengenai buah nanas untuk ibu hamil

1. Penuhi kebutuhan nutrisi secara cukup
Ketika hamil, Anda sangat perlu untuk memastikan berbagai nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda dan janin di dalam kandungan mendapatkan mineral baik dan juga vitamin untuk berbagai tahap perkembangan yang terjadi. Dalam memilih makanan Anda perlu untuk memastikan melakukan diet seimbang yang menyediakan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin.

2. Fakta mengenai buah nanas untuk kehamilan
Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral penting yang sangat bagus untuk mendukung kesehatan ibu hamil. Banyak manfaat buah nanas untuk ibu hamil, contohnya saja meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan konstipasi, mendukung kesehatan tulangdan juga mengatasi morning sickness.

Namun, Anda kandungan di dalam nanas yang sangat berbahaya untuk kehamilan dan bisa menyebabkab keguguran. Kandungan ini berupa bromelain yang merupakan tipe dari proteolytic enzyme yang akan menyebabkan peleburan pada dinding Rahim dan meyebabkan keguguran.

3. List dampak negatif buah nanas
Tidak hanya kegguran saja yang akan mengancam Anda karena kebanyakan mengosumsi buah nanas saat hamil. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan ketiakn memberikan buah nanas untuk ibu hamil. Ini beberapa daftar dampak buruk pengonsumsian buah nanas saat hamil:
  • Kontraksi sebelum waktunya
    Pada umumnya bagi anda yang sedang memasuki kehamilan di trimester pertama sangat rentan terhadap beberapa masalah kehamilan apalagi bila anda memiliki rahim yang tidak kuat. Pada bulan pertama sering kali anda dilarang mengkonsumsi nanas atau minum jus nanas. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan menggangu kehamilan anda. Beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nanas meskipun demikian bagi anda yang menginginkan mengkonsumsi nanas, anda dapat mengkonsumsinya setelah melalui trimester pertama dengan jumlah yang terbatas dan pilihlah nanas yang benar benar telah matang.
  • Keguguran
    Betulkan nanas dapat mengakibatkan keguguran? Kandungan bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan akan menggangu kondisi kehamilan anda, apalagi bila anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Hindari mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi nanas, konsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan juga pilih buah nanas yang matang.
  • Masalah kesehatan kehamilan
    Rasa asam yang terdapat di dalam buah nanas dapat mengakibatkan gangguan pada lambung apalagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi bagi ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali karena akan mengangu kesehatan anda dan janin. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa buah nanas yang kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah dan pilihan buah nanas yang telah  matang. Tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit bagi anda yang memiliki masalah dengan maag dan gastritis sebaiknya menghindari terlebih dahulu.Konsultasikan selalu kesehatan anda dengan dokter atau bidan, begitu juga dengan makanan yang terbaik untuk kehamilan anda, mengingat setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.
Melihat lebih banyak efek negatif dibandingkan dengan dampak positifnya, lebih baik untuk tidak menyarankan buah nanas untuk ibu hamil. Pilih saja buah lain yang bergizi dan tidak memebrikan dampak buruk untuk kehamilan Anda. Atau jika Anda sedang benar-benar ingin makan nanas, konsumsi dalam jumlah yang sewajarnya saja jangan sampai berlebihan.

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!