Home » » Begini Proses Kehamilan Mulai Awal Hingga Akhir

Begini Proses Kehamilan Mulai Awal Hingga Akhir

Advertisements
Advertisements
Proses kehamilan mulai awal hingga akhir - Siapa sih yang tidak penasaran dengan tahap perkembangan janin ketika berada dalam kandungan? Tentu, semua ini mengundang rasa penasaran banyak orang untuk menggali lebih dalam proses kehamilan yang terjadi dari awal hingga akhir, ya. Nah, yuk simak ulasan singkat berikut ini:
Begini Proses Kehamilan Mulai Awal Hingga Akhir


Proses Kehamilan Mulai Awal Hingga Akhir

Perkembangan 1 bulan
Di bulan pertama, kantung kehamilan mulai terbentuk dan berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Selain itu, plasenta juga mulai terbentuk untuk menyalurkan nutrisi makanan dari tubuh ibu hamil pada janin. Sirkulasi daarah dalam tubuh janin tersebut juga ikut terbentuk.

Perkembangan 2 bulan
Di usia 2 bulan, wajah bayi mulai terbentuk dan terlihat bakal telinga pada bagian kanan dan kiri kepalanya. Sistem syaraf pusat, tulang belakang, dan saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia ini.

Perkembangan 3 bulan
Usia 3 bulan, perkembangan janin sudah hampir terbentuk sempurna. Tangan janin mulai bisa mengepal dan kukunya mulai tumbuh. Selain itu, sistem kemih dan organ reproduksi juga mulai terbentuk. Hati janin juga mulai aktif memproduksi empedu.

Perkembangan 4 bulan
Di tahap ini, perkembangan janin sudah makin lengkap. Bagian tubuhnya seeprti tangan, kaki, jari, maupun wajah sudah dapat terlihat jelas. Bahkan, Anda pun mulai bisa mendengar detak jantungnya. Ia juga bisa menguap, mengisap jari, dan mengubah ekspresi wajah.

Perkembangan 5 bulan
Proses kehamilan mulai awal hingga akhir 5 bulan, gerakan janin akan makin terasa kencang sebab ia sedang melatih ototnya. Kepala janian juga mulai ditumbui rambut halus, begitu pula pada bagian tangan dan kakinya.

Perkembangan 6 bulan
Masuk usia 6 bulan, pembuluh darah bayi di daerah sekitar perut mulai bisa terlihat meski sangat tipis. Di usia ini, bayi juga sudah bisa membuka dan menutup kelopak matanya. Ia juga sudah bisa mendengarkan suara-suara dari luar perut. Oleh karena itu, Ibu disarankan untuk mengajak ngobrol bayi atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an melalui earphone untuk merangsang kecerdasan janin.

Perkembangan 7 bulan
Ketika di usia ini, janin juga sudah mulai bisa merasakan adanya cahaya. Tubuh bayi dalam kandungan pun makin membesar dan Anda akan merasakannya ketika berganti posisi. Selain itu, tubuh bayi juga mulai bisa menyimpan lemak.

Perkembangan 8 bulan
Pendengaran dan penglihatan bayi di usia 8 bulan proses kehamilan mulai awal hingga akhirjuga mulai berkembang dengan baik. Hampir semua sistem dalam tubuhnya mulai berfungsi, kecuali paru-paru.

Perkembangan 9 bulan
Kini paru-paru makin berkembang dengan baik dan sudah bisa berfungsi. Bayi juga mulai bisa memutar tubuhnya dengan posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir.

Itulah proses kehamilan mulai awal hingga akhir yang perlu Anda ketahui dengan baik. Oleh karena itu, siapkan mental dan fisik Anda menjelang detik-detik persalinan dan jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat selama masa kehamilan.

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!