Home » » Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah

Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah

Advertisements
Advertisements
Doa Ibu Hamil - Jikalau diberi kesempatan untuk meminta, tentu setiap orang tua menginginkan anak yang sholih maupun sholihah. Itulah mengapa banyak calon orang tua yang sangat bersemangat untuk mengikuti seminar parenting guna mempersiapkan generasi penerus yang berakhlak mulia. Namun  tentu saja, iringan doa yang dibaca secara rutin baik ketika sedang hamil maupun usai melahirkan sangat perlu untuk dilakukan.

Oleh karena itu, sebagai agama yang sempurna, Islam menyajikan banyak sekali ayat di Al Qur’an yang bisa Anda baca untuk memohon keturunan yang shalih dan shalihah. Berikut diantara ini kami ingin memberikan beberapa amalan khusus untuk ibu hamil yang bisa bisa membantu proses persalinan Anda. Simak doa untuk ibu hamil berikut ini.
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah

Kumpulan Doa Ibu Hamil Wajib Diamalkan Sehari-hari

1. Doa Nabi Ibrahim 'Alaihis Salaam
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah
Artinya: "Ya Rabbku, angerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh" (Q.S. Ash Shafaat ayat 100).

Doa ibu hamil yang pertama ini memiliki manfaat untuk meminta keturunan yang sholeh. Dalam kitab Zaadul Masiir jilid 7 halaman 71, Ibnul Jauzi rahimahullah juga menjelaskan bahwa maksud ayat tersebut adalah "Ya Rabbku, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang nanti termasuk jajaran orang orang yang sholeh".

Jadi para bunda seklian, jangan pernah ragu untuk berdoa dengan amalan ini. Karena doa ini adalah doa yang selalu diamalkan oleh Nabiyullah Ibrahim AS.

2. Doa Nabi Dzakariya 'Alahis salaam
Selain itu, doa untuk ibu hamil yang juga bisa Anda baca pada saat mengandung antara lain adalah doa yang pernah diucapkan oleh Nabi Dzakariya ‘alahis salaam sebagai berikut:
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah
Artinya: "Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa".
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah

Artinya: "Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal shaleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhjnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang orang yang berserah diri." (Q.S Al Ahqof ayat 15).

Doa ibu hamil yang dilakukan oleh Nabi Dzakariya ini juga bermanfaat untuk meminta supaya anak kita kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Jadi amalan ini sangat dianjurkan juga bagi bunda yang sedang hamil.

3. Doa dari Nabi Muhammad SAW.
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah
Nabi kita shalallallahu’alaihi wa sallam juga pernah mendo’akan anak Ummu Sulaim, yaitu Anas bin Malik radiyallahu ‘anhuma dengan doa:

Artinya: "Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya". HR. Bukhari no 6334 dan Muslim no. 2480. Dari sini, Anda bisa berdia untuk meminta banyak keturunan yang sholeh pada Allah melalui doa:
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah
Artinya: "Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri".

Doa ibu hamil berikutnya ini adalah doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW guna memberikan kekayaan dan keturunan. Jadi bagi bunda yang belum dikarunia anak hingga saat ini. Tidak ada salahnya bila mengamal amalan ibu hamil yang dianjurkan ini.

4. Doa Hamba Allah
Selain itu, Anda juga bisa berdoa menurut apa yang diajarkan Allah dalam surat Al Furqon ayat ke 74 seperti berikut ini:
Deretan Doa Ibu Hamil Sesuai Anjuran Al-Quran dan Sunnah
Artinya: "Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepda kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa".

Doa ibu hamil yang satu ini juga sangat bagus untuk dibaca oleh para  suami yang mendoakan istrinya ketika masa kehamilan.

Semoga dengan empat doa ibu hamil tersebut Anda dikaruniai anak yang sholeh nan sholehah. Jangan lupa pula untuk memperbanyak membaca ayat Al Quranlainnya, berdzikir, dan tak lepas dari shalawat. Persiapkan anak yang sholeh dan sholehah dimulai dari perbanyak amalan sholeh, yuk!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!