Home » » 7 Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?

7 Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?

Advertisements
Advertisements
Ciri Karakter Anak Tunggal - Setiap anak yang terlahir di dunia ini hadir dengan berbagai karakter unik yang dimilikinya. Bahkan, mungkin Anda pun bertanya-tanya, apa yang menyebabkan mereka berbeda? Selain cara orang tua dalam mendidik, karakter anak juga ditentukan dari urutan kelahirannya, lho.

Ya, hal ini sudah diungkap dalam penelitian yang dilakukan Delroy L. Paulhus dari University of Britis Columbia. Nah, lalu bagaimana dengan ciri karakter anak tunggal? Sebab, di masyarakat sendiri anak tunggal sering diidentikkan dengan cap perilakunya yang negatif. Benarkah demikian? Yuk, simak ulasan tentang ciri karakter anak tunggal berikut ini.

Ciri-Ciri Karakter Anak Tunggal Wajib Diketahui

1. Percaya diri
Ciri Karakter Anak Tunggal
Percaya diri adalah salah satu ciri karakter anak tunggal yang sering kita ketahui. Terlahir sebagai anak tunggal yang mendapatkan kasih sayang tak pernah terbagi menjadikan mereka sebagai sosok yang mandiri. Anak tunggal mendapatkan kasih sayang yang cukup dan membuatnya nyaman untuk mengembangkan diri. Alhasil, ia pun tumbuh sebagai anak yang lebih percaya diri. Sayangnya, beberapa anak tunggal memiliki rasa percaya diri berlebihan yang membuatnya jadi arogan.

2. Suka privasi
7 Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Ciri karakter anak tunggal berikutnya adalah mereka menyukai privasi. Sebab, ia tak punya pengalaman harus berbagi kamar, tempat tidur, meja belajar, ataupun benda lainnya. Nah, sebagai orang tua ada baiknya Anda harus tetap mengajarkan anak tentang indahnya berbagi dengan aktif di berbagai kegiatan sosial atau menyisihkan donasi amal bulanan.

3. Cerdas
Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Cerdas adalah ciri karakter anak tunggal selanjutnya yang juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehati-hati. Utuhnya kasih sayang yang didapat juga membuat anak tunggal lebih cepat saat belajar berbagai hal baru. Selain itu, dukungan orang tua dengan pemenuhan sarana fasilitas belajar yang tidak terbagi juga membuat mereka lebih cepat melesat dalam prestasi akademik.

4. Mandiri
Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Bukan rahasia umum lagi bila sifat mandiri termasuk ciri karakter anak tunggal yang harus kita ketahui. Terbiasa menghabiskan waktu sendirian di rumah atau menangani berbagai hal sendirian juga menjadikan anak tunggal lebih mandiri. Namun, bukan berarti mereka tidak suka berteman, ya. Anak tunggal hanya akan lebih selektif memilih teman yang dirasa layak diajak berbagi cerita dengannya. Jadi Bunda tak perlu panik ketika anak tunggal kurang aktif dalam bergaul. Mereka hanya berhati-hati untuk memilih teman.

5. Rapi dan teroganisir
Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Rapi dan terorganisi juga merupakan ciri karakter anak tunggal berikutnya yang akan kita jumpai kita memiliki anak tunggal. Uniknya lagi, mereka seringkali mencontoh perilaku orang dewasa di sekitarnya yang posistif. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan contoh yang baik pada buah hati ya.

6. Ego yang Tinggi
Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Ego yang tinggi adalah salah satu ciri karakter anak tunggal yang pasti kita sering jumpai di masyarakat sekitar. Kekurangan anak tunggal memang terletak pada sifat ego mereka. Mereka basanya senang sangat menuntut perhatian dari orang-orang sekitarnya, bahkan selalu ingin diutamakan dalam segala hal.

7. Berjiwa berpetualang
Ciri Karakter Anak Tunggal, Anda Yang Mana?
Ciri karakter anak tunggal yang terakhir adalah mereka senang dengan bertualang. Kesendiriannya itu kerap kali membuat mereka untuk bepergian untuk mencari hal-hal baru, sehingga membuat jiwa mereka tenang dan merasakan kebebasan. Selain itu karakter Anak tunggal juga sangat senang bepergian ataupun berekreasi.

Adakah dari tujuh ciri karakter anak tunggal tersebut yang melekat pada buah hati Anda? Meski memiliki anak tunggal, pastikan untuk tetap mendidiknya dengan kemandirian dan sifat rendag hati agar ia tak tumbuh sebagai anak yang arogan, ya!

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!