Home » » 8 Cara Mengobati Pegal Saat Hamil, Simak Yuk!

8 Cara Mengobati Pegal Saat Hamil, Simak Yuk!

Advertisements
Advertisements
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil - Mengalami nyeri dan pegal selama masa kehamilan memang nyaris tak terelakkan bagi setiap wanita. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan demikian, mulai dari berat badan yang mengalami kenaikan hingga hormon tubuh yang mengendorkan otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh, semua ini bisa membuat Anda mudah lelah saat mengandung.

Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan sejumlah tips menarik dari kami. Berikut ini kami akan mengulas tentang cara mengobati pegal saat hamil yang bisa bunda terapkan. Langsung saja yuk!
8 Cara Mengobati Pegal Saat Hamil, Simak Yuk!

Inilah Cara Mengobati Pegal Untuk Ibu Hamil

1. Konsumsi buah dan sayur organik
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati pegal saat hamil pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur organik. Tubuh yang mudah lelah bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, vitamin, dan mineral penting lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai rutin mengonsumsi buah dan sayur organik. Double bonus bagi Anda bila berburu makanan yang mengandung zat anti peradangan seperti brokoli, kubis, bayam, ubi jalar, apel, jeruk, pepaya, dan lainnya.

2. Kurangi makanan berkarbohidrat tinggi
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati pegal ibu hamil berikutnya adalah dengan mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi. Banyak ibu hamil yang berasumsi bahwa pegal dan lelah seringkali diakibatan karena tubuh kekurangan energi yang bersumber dari karbohidrat. Padahal, anggapan ini tak sepenuhnya benar sama sekali. Justru, konsumsi karbohidrat berlebihan akan membuat Anda mudah haus yang bikin tubuh dehidrasi dan mudah letih.

3.  Lakukan olahraga rutin
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Melakukan olahraga rutin juga merupakan cara mengoabti pegal saat hamil juga yang bisa dilakukan dengan komitmen melakukan olahraga rutin. Tak perlu mencari olahraga yang berat, cukup yang ringan tapi efektif membuat Anda bergerak. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan senam aerobik, renang, ataupun jalan-jalan pagi.

4. Konsumsi kopi
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati pegal untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan mengkonsumsi kopi. Memang banyak mitos berkembang bahwa ibu hamil sama sekali tak boleh meminum kopi. Padahal, sejumlah studi yang dilakukan oleh pihak American College of Obstetricians and gynecologist mengungkap konsumsi kopi kurang dari 1 ½ cangkir per hari tak akan mengantar pada masalah keguguran. Justru, minum kopi dalam jumlah seimbang bantu jadi mood booster yang baik.

5. Tidur yang cukup
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Tak dipungkiri, Tidur yang cukup termasuk juga cara mengobati pegal ibu hamil yang paling mujarab. Bila sebelum hamil Anda kerap begadang dan tetap meneruskan kebiasaan ini selama hamil, jangan kaget bila Anda mengalami badan pegal yang begitu menyiksa. Paling tidak, dalam sehari Anda harus punya waktu istirahat antara 8 sampai 9 jam. Selain itu, akan sangat baik juga bila Anda mampu meluangkan waktu untuk tidur siang paling tidak 15 hingga 20 menit. Ini akan bantu tubuh tetap lebih segar.

6. Tidur menyamping
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati pegal saat hamil adalah dengan tidur menyamping. Sebaiknya Anda mengambil posisi menyamping, bukan dengan tidur punggung Anda. Pastikan juga salah satu atau kedua lutut Anda tertekuk. Kemudian menempatkan satu bantal diantara lutut Anda atau bagian tubuh lain di bawah perut juga bisa membantu posisi tidur Anda lebih nyenyak dan bisa mengobati nyeri punggung/pegel yang memang sering terjadi pada ibu hamil.

7. Pertimbangkan terapi-terapi pelengkap
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati pegal untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan mempertimbangkan terapi-terapi pelengkap. Hasil dari beberapa riset memang merekomendasikan untuk akupuntur, karena dengan akupuntur bisa membantu menghilangkan sakit punggung pada masa kehamilan.

Pengobatan chicopractic bisa memberikan kenyamanan bagi beberapa wanita hamil. Jika Anda mempertimbangkan dengan terapi-terapi pelengkap, maka diskusikan terlebih dahulu pilihan-pilihan yang tersedia dengan dokter, pasalnya sakit punggung yang anda derita bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

8. Gunakan pakaian yang tepat
Cara Mengobati Pegal Saat Hamil
Cara mengobati sakit punggung saat hamil berikutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang tepat. Ketika Anda hamil, usahakan menggunakan sepatu hak rendah yang didukung dengan lengkungan yang aman dan nyaman ketika dipakai. Selain itu, gunakan juga celana khusus dan baju untuk ibu hamil dengan ikat pinggang yang rendah dan elegan.

Gunakan sabuk yang dikhususkan untuk ibu hamil guna mengurangi rasa sakit ketika ada interaksi dengan janin Anda. Walaupun riset tentang efektivitas sabuk tersebut terbatas, namun beberapa wanita hamil menyarankan perlu penyokong tambahan untuk menolong rasa sakit yang sering terjadi ketika kehamilan.

Selain itu, cara mengobati pegal saat hamil juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih dan rutin melakukan peregangan. Dengan begitu, Anda akan lebih sehat dan nyaman menjalani masa-masa kehamilan.

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!