Home » » 3 Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat

3 Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat

Advertisements
Advertisements
Cara menghitung usia kehamilan secara akurat - Tak banyak orang yang bisa menghitung usia kehamilan secara akurat. Bahkan, beberapa di antara Anda pun barangkali tak menyadari kalau tubuh tengah berbadan dua, bukan? Jadi sangatlah wajar bila Anda kebingungan menghitung usia kehamilan. Nah, berikut metode yang bisa diterapkan untuk mengetahui usia janin dalam kandungan:
3 Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat

Tips Cerdas Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat

1. Kalender masa haid
Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi teratur antara 28 sampai 30 hari, data HPHT (hari pertama haid terakhir) dan rumus Neagele ini bisa diterapkan. Misalnya, hari haid terakhir adalah "x" dan bulannya "y" dan tahun kehamilan "z". Bila bulan saat Anda mengalami HPHT angkanya lebih dari 3, gunakan rumus:
(x+7)-(y-3)-(z+1)

Namun, bila bulan Anda mengalami HPHT kurang dari 3, gunakan rumus:
(x+7)-(y+9)-(z)

Misalnya, HPHT Anda terjadi pada tanggal 15 April 2014, maka rumusnya menjadi (15+7)-(4-3)-(14+1) Berati HPL alias hari perkiraan lahir anak Anda adalah 22-1-15 atau 22 Januari 2015. Namun, bila HPHT terjadi pada tanggal 15 Januari 2014, berati rumus yang digunakan adalah (15+7) –(1+9)-14 = 22-10-2014 atau perkiraan anak lahir adalah 22 Oktober 2014.

2. Sistem fundus uteri
Selanjutnya, cara menghitung usia kehamilan secara akurat juga bisa dilakukan dengan meraba fundus uteri atau puncak rahim. Cara menghitungnya bisa dilakukan mulai tulang kemaluan. Bila jarak antara tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, kemungkinan usia kehamilan Anda adalah 28 minggu dan seterusnya.

Selain itu, Anda juga bisa menghitung jarak tersebut dengan cara meletakkan dua jari mulai dari tulang kemaluan hingga fundus uteri. Setiap dua jari Anda menandakan 2 minggu usia kehamilan.

3. USG
Bagi Anda yang enggan ribet dan ingin penghitungan usia kehamilan yang pasti dari sisi medis, metode USG bisa jadi andalan. Ketepatan penghitungan ini hampir mendekati 95%, lho. Selian itu, dengan USG Anda juga bisa melihat foto janin yang berada dalam perut. Waktu yang paling tepat untuk menghitung usia kehamilan dengan USG adalah ketika kehamilan memasuki usia 8 sampai 18 minggu.

Bagaimana? Cara menghitung usia kehamilan secara akurat manakah yang paling ingin Anda lakukan saat ini? Dengan mengetahui usia kehamilan secara tepat, Anda pun bisa lebih menjaga kesehatan serta mempersiapkan segala kebutuhan sang calon buah hati dengan seksama. Ajak pula sang ayah ketika Anda melakukan penghitungan usia kehamilan ini, ya!

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!