Home » » 5 Cara Mengatasi Pendarahaan Pada Ibu Hamil

5 Cara Mengatasi Pendarahaan Pada Ibu Hamil

Advertisements
Advertisements
Cara Mengatasi Pendarahaan Ibu Hamil - Kehamilan memang menjadi momen istimewa yang paling banyak dinantikan wanita usai pernikahan. Namun, seorang wanita yang sedang hamil juga harus lebih waspada dengan kondisi yang bisa mengancam kehamilannnya. Sebab, tak sedikit wanita yang mengeluhkan pendarahan pada tiga bulan pertama kehamilannya.
5 Cara Mengatasi Pendarahaan Pada Ibu Hamil
Penyebab adanya pendarahan ini sendiri memang sangat beragam. Dan, dalam kasus yang parah pendarahan memang sering diidentikkan dengan kasus keguguran. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah terjadinya pendarahan saat hamil dengan berbagai tips berikut ini:

1. Lacak jumlah pendarahan
Saat terjadi pendarahan, pastikan Anda mengetahui berapa banyak darah yang keluar. Anda bisa melacaknya dengan menghitung berapa banyak pembalut yang digunakan dari jam 8 pagi hingga 8 malam dan begitu seterusnya. Kenali pula gejala yang muncul ketika terjadi pendarahan. Dengan begitu dokter bisa memberikan diagnosis yang tepat untuk mencegah peristiwa ini terulang.

2. Istirahat yang cukup
Kebanyakan pendarahan yang terjadi saat hamil muda juga disebabkan karena Anda kurang istirahat. Oleh karena itu, cara mengatasi pendarahan ibu hamil yang paling mudah adalah dengan istirahat yang cukup. Bahkan, biasanya dokter juga menganjurkan Anda untuk istirahat total setelah proses pendarahan terjadi.

3. Hindari aktivitas berat
Melakukan olahraga berat seperti angkat beban, lari, bersepeda terlalu jauh atau sering naik-turun tanggajuga bisa memicu terjadinya pendarahan pada uterus, lho. Selanjutnya, akan terjadi kerusakan cukup serius pada pembuluh darah yang baru terbentuk dalam plasenta. Oleh karena itu, batasilah aktivitas fisik Anda dan usahakan untuk tak menaiki anak tangga sampai proses pendarahan berhenti.

4. Tunda aktivitas seks
Terkadang hubungan badan dengan suami juga bisa memicu terjadinya pendarahan, terlebih bila sebelumnya Anda sudah merasakan nyeri. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan pengertian yang baik pada suami dan mintalah ia untuk mengantar Anda ke dokter. Mintalah saran pada dokter bagaimana cara melakukan seks yang aman selama kehamilan yang tidak memicu pendarahan pada ibu hamil.

5. Konsumsi air yang cukup
Selain itu, pastikan tubuh Anda juga selalu terhidrasi dengan baik. Setidaknya, konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa menambah konsumsi air jika tubuh masih merasa kehausan. Sebab, kasus pendarahan pada ibu hamil juga berbanding lurus dengan kurangnya cairan tubuh selama masa hamil.

Nah, pastikan Anda melakukan lima cara mengatasi pendarahan pada ibu hamil tersebut dengan baik, ya. Jika pendarahan masih saja berlangsung, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter guna melakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh.

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!