Home » » Ketahui 12 Cara Membuat Susu Bayi yang Benar

Ketahui 12 Cara Membuat Susu Bayi yang Benar

Advertisements
Advertisements
Cara Membuat Susu Bayi yang Benar - Sepintas, cara membuat susu bagi bayi memang terkesan perkara yang sangat sepele. Semua orang pun seolah bisa melakukannya dengan takaran kira-kira. Namun, tentu untuk pertumbuhan si Kecil Anda tak boleh kira-kira dalam menakar asupan gizinya yang tepat, ya.

Susu bayi sangat berguna untuk kelangsungan bayi Anda, karena bisa salah memilih dan mengkonsumsikan kepada si kecil, maka bisa fatal akibatnya. Nah, pada kali ini kami ingin memberikan artikel tentang cara membuat susu bayi yang benar. Dimana terdapat 12 langkah cara membuat susu bayi yang benar sesuai anjuran WHO dan FAO pada tahun 2006. Penasaran? Simak berikut ini.
Ketahui 12 Cara Membuat Susu Bayi yang Benar

Inilah Cara Membuat Susu Bayi Yang Benar dan Bagus

  1. Bersihkan alas tempat membuat susu hingga bersih
  2. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, lalu keringkan dengan handuk bersih
  3. Panaskan air hingga suhunya mencapai 100 derajat Celcius. Apabila Anda menggunakan kettel otomatis, maka tunggulah hingga ketel mati dengan sendirinya.
  4. Bacalah dengan seksama takaran pembuatan susu yang tertera pada kaleng susu formula. Antara satu produk susu dengan produk lainnya bisa jadi memiliki takaran yang berbeda.
  5. Setelah air mendidih, tuangkan air pada botol susu yang telah dicuci bersih dan disterilkan. Tunggulah kurang lebih selama 15 menit agar suhu air mencapai 70 derajat Celcius. Suhu air ini perlu diturunkan agar tak merusak protein dalam susu. Meski begitu, jangan sampai suhunya turun di bawah 70 derajat Celcius agar bakteri Enterobacter sakazakii tidak bertahan di dalamnya.
  6. Cara membuat susu bayi yang benar dilanjutkan dengan memasukkan susu sesuai dengan takaran
  7. Tutup botol susu, lalu kocok perlahan agar susu dan air tercampur dengan baik
  8. Turunkan suhu susu sebelum diberikan ke bayi dengan cara melewatkan botol pada air yang mengalir melalui kran. Suhu juga dapat Anda turunkan denagn merendam botol ke dalam air baskom.
  9. Keringkan bagian luar botol dengan menggunakan lap atau tisu
  10. Teteskan pada punggung tangan untuk mengetahui apakah suhunya sudah pas untuk diberikan pada bayi
  11. Beri minum bayi
  12. Bila susu tidak diminum dalam waktu dua jam, buang dengan segera.
Nah, dari 12 cara membuat susu bayi yang benar tersebut dapat mulai Anda terapkan pada buah hati. Namun, selain memperhatikan cara membuat susu yang benar, pastikan pula Anda memeriksa kemasan susu yang dibeli yang bebas dari bocor atau rusak.

Selain itu, usahakan pula untuk tidak menyimpan susu bubuk yang telah terbuka kemasannya dalam lemari pendingin bersuhu di bawah 5 derajat Celcius. Dengan begitu, susu akan terbebas dari pertumbuhan mikroba seperti E. Sakazakii.

Kedua belas cara membuat susu yang benar tersebut bila diterapkan dengan baik akan mencegah bayi terkena infeksi. Alhasil, risiko buah hati untuk mengalami gejala demam ataupun diare juga akan lebih berkurang.
Ketahui 12 Cara Membuat Susu Bayi yang Benar

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat susu bayi

Sebelum Anda membuat susu bayi. Alagkah baiknya memerhatikan beberapa hal untuk menyiapkan susu bagi bayi jika Anda menggunakan susu formula berikut.
  1. Susu formula yang sudah dibuat lebih dari 2 jam (waktu basi susu formula bervariasi), sebaiknya tidak digunakan lagi, karena bisa membahayakan kepada bayi.
  2. Selalu membuat susu formula sesuai dengan keterangan pada kemasan susu. Beda susu formula, bisa berbeda pula perbandingan air dan susunya.
  3. Jangan melebih-lebihkan atau mengurangi takaran yang telah ditentukan, yaitu perbandingan antara air dan susu formula. Susu formula yang sangat kental bisa menyebabkan bayi sembelit, sedangkan susu formula yang terlalu encer bisa menyebabkan bayi kekurangan nutrisi. Jadi Anda harus selalu memperhatikan cara pembuatan susu formula yang benar sesuai dengan anjuran kemasan, dikarenakan pihak pabrik bisa saja melakukan perubahan-perubahan, walaupun hal ini sangat jarang terjadi.
  4. Gunakan sendok takar yang ada dalam kemasan, serta pastikan untuk selalu melihat tanggal kadaluarsanya susu formula yang Anda beli.
  5. Jangan menambahkan apapun di dalam susu formula, baik itu untuk suplemen ataupun vitamin lainnya.
  6. Jangan pernah memanaskan botol susu di dalam microwave, karena bisa menyabkan panas dotnya yang akhirnya dapat membakar mulut si kecil.

Ketahui 12 Cara Membuat Susu Bayi yang Benar

Anjuran Minum Susu Formula Bayi Dalam Sehari

Bunda harus memperhatikan secara benar anjuran minum susu formula dalam sehari. Acuannya adalah bila normal rata-rata susu diberikan 8 kali sehari atau setiap tiga jam sekali. Tetapi ketika usia telah mencapai 6 bulan, sebaiknya bayi mulai bisa memperoleh makanan padat (MPASI), misalnya buah, bubur susu, biskuit. Sedangkan pada usia 8 bulan, bayi sebaiknya telah diberi makan nasi halus, dan pemberian susu dikurangi menjadi 4 kali sehari.

Demikianlah ulasann tentang cara membuat susu bayi yang benar dan aman untuk dikonsumsi sesuai anjuran dari WHO dan FAO. Semoga bayi kita menjadi sehat dan cerdas dengna pola hidup kita yang benar.

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!