Home » » 9 Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil Muda

9 Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil Muda

Advertisements
Advertisements
Nutrisi Untuk Hamil Muda - Bunda lagi hamil muda? Tentu hal ini adalah kabar gembira sekali untuk tidak bisa dilupakan, pasalnya hamil merupakan sebuah anugerah yang diberikan kepada Tuhan untuk menyempurnakan para perempuan sebagai seorang ibu. Tapi bunda jangan terlalu lama larut dalam kegembiraan ya, disebabkan bunda juga harus menjaga pola makan dan nutrisi penting saat hamil muda.

Pada umumnya, nutrisi untuk ibu hamil bisa didapat dari makanan sehat dan bergizi contohnya menu lengkap yang sudah tidak asing lagi yaitu 4 sehat 5 sempurna. Pertanyaannya, nutrisi seperti apa sih yang wajib untuk ibu hamil muda? Nah, berikut ini Kabaribu.com ingin merefrensikan tentang nutrisi untuk hamil muda.
Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil Muda

Daftar Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil Muda

1. Vitamin B6
Nutrisi wajib untuk ibu hamil pertama adalah Vitamin B6. Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil muda guna meredakan rasa janggal ketika terjadi mual dan muntah yang memang sering kerap kali melanda saat proses hamil muda.

Bunda tidak perlu bingung untuk mencari makanan yang mengandung Vitamin B6. Biasanya Vitamin B6 terdapat pada beras merah, ikan, daging ayam, gandum, jagung, dan juga pisang. Tinggal bunda konsumsi makanan-makan tersebut dan rasakan manfaatnya.

2. Vitamin E
Selanjutnya nutirisi untuk ibu hamil adalah Vitamin E. Vitamin yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan lho bund! Karena vitamin E memiliki peranan penting ketika masa-masa hamil, yaitu bisa membantu proses pembentukan sel darah merah yang sehat.

Supaya tubuh dan janin bisa mereproduksi sel darah merah yang optimal, maka bunda bisa mengkonsumsi makanan yang berbangsa biji-bijian, khususnya kacang-kacangan, gandum, minyak sayur dan sayuran hijau.

3. Folic Acid
Nutirisi untuk ibu hamil muda adalah Folic Acid. Folic Acid sendiri merupakan sebuah zat yang bisa membantu bunda dalam mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya spina bifida atau sering dikenal keadaan di mana tulang belakang bayi tidak tertutup dengan sempurna.

Jadi tak heran bila Folic Acid ini memang sangat dibutuhkan oleh para ibu sejak usia kehamilan awal. Untuk mendapatkan Folic Acid ini, bunda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti brokoli, wortel, kacang kedelai, alpukat, kembang kol, dan jeruk.

4. Sayuran
Morning sickness pada awal kehamilan kerap kali dialami oleh kebanyakan para ibu hamil. Maka untuk mengatasi rasa mual tersebut, terkadang ibu hamil sering mengonsumi sayuran berwarna hijau. Bukan hanya itu saja, sayuran juga bisa mengurangi rasa mual, karena sayurah hijau seperti bayam sangat kaya akan zat besi yang memang dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin tubuh. Sayuran hijau juga mengandung kandungan mineral yang dibutuhkan oleh para ibu dan janinnya. Direkomendasikan sayur bening bayam dengan jagung manis yang bisa menjadi pilihan menu sehat dan segar untuk mencukupu nutrisi wajib bunda sekalian.

5. Buah
Mengonsumi buah selama masa kehamilan itu sangat penting lho bund! Karena dengan mengonsumsi buah bisa meningkatkan stamina bunda sekalian. Selain itu bunda juga bisa memilih buah pisang atauun apel yang dappat dijadikan makanan selingan ataupun camilan sehat untuk ibu hamil.

Faktanya pisang kaya akan asam folat yang memang diperlukan dalam proses pembentukan sel otak bayi. Bila kebetulan bunda bosan, maka buah pisang bisa disajikan dalam bentuk jus atau dijadikan salad dalam menu harian selama masa kehamilan berlangsung. Ditambah buah juga banyak mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme serta kekebalan tubuh, sehingga anda tidak mudah lemas dan sakit ketika masa trimester pertama kehamilan. 
Baca juga:
6. Seafood
Nutrisi untuk ibu hamil selanjutnya yakni dengan mengonsumsi Seafood, karena dengan mengonsumsi seafood tersebut bisa membantu pembentukan otak janin yang dimulai sejak awal kehamilan. Jadi, bunda direkomendasikan untuk mengonsumi ikan, cumi-cumi, udang, rumput laut yang memang terbukti mengandung protein tinggi dengan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan otak janin ketika kehamilan.

7. Produk Olahan Susu
 Pada awal-awal kehamilan, biasanya ibu hamil membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi. Salah satu sumber protein yang dapat dikonsumi selama masa kehamilan yang berasal dari produk olahan susu misalnya yoghurt dan keju. Bunda harus ingat bahwa protein itu sangat penting dalam proses pertumbuhan jaringan sel bayi, sehingga nantinya bisa memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak serta membatu pembentukkan otot. Selain itu, produk olahan susu seperti keju sangat terbukti kaya akan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang janin kandungan bunda.

8. Sereal
Mengonsumsi sereal di setiap harinya sangat baik untuk para bumil sekalian. Pasalnya sereal itu mengandung beragam aneka mineral, karbohidrat, vitamin B, dan kalsium yang memang dibutuhkan guna mendukung aktivitas ibu hamil dan nutrisi janin dalam kandungan. Anda juga bisa memilih roti gandum sebagai alternatif makanan pengganti sereal yang kaya dengan kandungan serat.

9. Kacang-kacangan
Nutrisi untuk ibu hamil selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan sangat baik bila dikonsumi oleh para ibu hamil sekalian ketika pada awal-awal kehamilan dikarenakan mengandung protein yang sangat bermanfaat dalam mensuplai energi. Dengan bunda mengonsumi kedelai, kacang hijau, kacang merah yang kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B tentu sangat dibutuhkan dalam perkembangan sistem saraf pada bayi.

Pastinya para bunda sekalian ingin selalu memiliki janin yang sehat, agar bayinya menjadi sehat pula. Sekianlah ulasan tentang nutirisi untuk hamil muda yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Seorang Pemula Blogger Yang Selalu Ingin Mencoba Hal Baru!!!

Selalu belajar dan berbagi, itulah komitmen saya untuk menjadi lebih maju!